oleh-oleh khas dieng

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Dieng juga memiliki berbagai tanaman unik di antaranya Carica. Memiliki nama latin Carica Pubescens yang masuk dalam golongan famili Pepaya.Salah satu keunikan buah ini di banding buah pepaya yang lain adalah tempat tumbuhnya yang hanya dapat di temukan di tempat yang tinggi dengan suhu udara yang relatif dingin.

Buah Carica terbukti mengandung enzim Papain.Satu enzim yang mempunyai fungsi mempercepat proses pencernaan protein. Kandungan enzim yang terdapat di buah ini terbukti mampu mencerna zat sebanyak 35c kali lebih besar dari ukuran buah itu sendiri,fakta tersebut menjadikan alasan meskipun kandungan protein buah carica tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 4-6 gr akan tetapi hamoir seluruhnya dapat di serap oleh tubuh dan sangat berpengaruh terhadap produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia.

Selain memilik fungsi tersebut enzim yang terdapat pada buah Carica juga memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri merugikan yang terdapat dalam usus manusia,membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus menjadi normal